Selasa, 10 Mei 2011


PEMBELAJARAN ASPEK SENI DAN KREATIVITAS
DENGAN  BAHAN REUSED  DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH NUR’AINI KELOMPOK B
SERANGAN, YOGYAKARTA

SKRIPSI

Diajukan Kepada Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Yogyakarta
Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan






Oleh
ARIS SUDIYANTO
NIM O6206244018

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011

PERSETUJUAN




Skripsi yang berjudul Pembelajaran Aspek Seni dan Kreativitas Dengan Bahan Reused di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Nur’aini Kelompok B Serangan,Yogyakarta ini telah disetujui oleh pembimbing untuk diujikan.
























Yogyakarta, 28 Maret 2011
Dosen Pembimbing I


Prof. Dr. Tri Hartiti. R, M.Pd.
NIP 19530421 197903 2 001
Yogyakarta, 28 Maret 2011
Dosen Pembimbing II


Drs. Suwarna, M.Pd
NIP 19520727 197803 1 003
PENGESAHAN

Skripsi yang berjudul Pembelajaran Aspek Seni dan Kreativitas Dengan Bahan Reused di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Nur’aini Kelompok B Serangan,Yogyakarta ini telah di pertahankan di depan Dewan Penguji pada 15 April 2011 dan dinyatakan Lulus.



DEWAN PENGUJI


Nama
Jabatan
Tandatangan
Tanggal

B Muria Zuhdi, M.Sn
Drs. Suwarna, M.Pd
Hajar Pamadhi, M.A, (hons)
Prof. Dr. Tri Hartiti. R, M.Pd.


Ketua Penguji
Sekretaris Penguji
Penguji I

Penguji II

___________
___________
___________

___________

      April 2011
      April 2011
      April 2011

      April 2011


Yogyakarta,    April  2011
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Yogyakarta
Dekan




Prof. Dr. Zamzani, M.Pd
NIP 19550505 198011 1  001


PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya
Nama   : Aris Sudiyanto
NIM    : 06206244018
Program Studi : Pendidikan Seni Rupa
Fakultas           : Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

menyatakan bahwa karya ilmiah ini adalah hasil pekerjaan saya sendiri. Sepanjang pengetahuan saya, karya ilmiah ini tidak berisi materi yang ditulis oleh orang lain, kecuali bagian-bagian tertentu yang saya ambil sebagai acuan dengan mengikuti tata cara dan etika penulisan karya ilmiah yang lazim.
Apabila ternyata bahwa pernyataan ini tidak benar, sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya.

Yogyakarta, 21 Maret 2011
  Penulis,


         Aris Sudiyanto











MOTTO

Hiduplah untuk memberi
Amalkan ilmumu walaupun cuma satu kata
Hargailah hal-hal yang kecil
Kalau kita berusaha, didepan ada jalan keluar
-Aris Sudiyanto-

PERSEMBAHAN

v  Skripsi ini saya persembahkan buat Bapak, Ibu, Kakek, dan keluarga besar pak Nur Ismail di Sleman  yang selalu memberikan dorongan untuk segera menyelesaikan studi dan membantu baik moril dan materiil.

v  Buat keluarga besar Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini Serangan, Yogyakarta.




















KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya sampaikan ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Berkat rahmat, hidayah, dan inayah-Nya saya dapat menyelesaikan skripsi untuk memenuh sebagian persyaratan guna memperoleh gelar sarjana pendidikan.
Penulis skripsi ini dapat terselesaikan karena bantuan dari berbagai pihak.  Untuk itu saya ucapkan rasa hormat, terima kasih, dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada kedua pembimbing, yaitu Prof. Dr. Tri Hartiti Retnowati, M.Pd dan Drs. Suwarna, M.Pd. yang penuh kesabaran, kearifan, dan bijaksana telah memberikan bimbingan, arahan, dan dorongan yang tidak henti-hentinya di sela-sela kesibukannya dan TIM Penguji Skripsi.
Rasa hormat dan terima kasih secara tulus kepada Rektor UNY Prof. Dr. Rohmat Wahab, M.Pd, M.A. Dekan FBS UNY Prof. Dr. Zamzani,M.Pd. dan ketua jurusan Pendidikan Seni Rupa B. Muria Zuhdi, M.Sn. yang telah memberikan kesempatan dan berbagai kemudahan kepada saya.
Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada teman sejawat dan handai tolan yang tidak dapat saya disebutkan satu demi satu yang telah memberikan dukungan moral, bantuan, dan dorongan kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan studi dengan baik.
Akhirnya ucapan terima kasih yang sangat pribadi saya sampaikan kepada orang tua saya atas pengertian yang mendalam, pengorbanan, dorongan, dan curahan kasih sayang sehingga saya tidak pernah putus asa untuk menyelesaikan skripsi.

Yogyakarta, 21 Maret 2011
                                                                                                       Penulis,



                                                              Aris Sudiyanto


DAFTAR ISI

HALAM JUDUL................................................................................................         i
HALAMAN PERSETUJUAN...........................................................................        ii
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................       iii
HALAMAN PERNYATAAN...........................................................................       iv
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN................................................        v
KATA PENGANTAR........................................................................................       vi
DAFTAR ISI.......................................................................................................      vii
DAFTAR TABEL...............................................................................................        x
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................       xi
ABSTRAK..........................................................................................................     xiii
BAB I   PENDAHULUAN................................................................................        1
A.    Latar Belakang Masalah....................................................................        1
B.     Fokus Masalah...................................................................................        3
C.     Tujuan Penelitian...............................................................................        4
D.    Manfaat Penelitian.............................................................................        4
BAB II  KAJIAN TEORI...................................................................................        6
A.    Pengertian Pembelajaran....................................................................        6
B.     Pengertian Pembelajaran Aspek Seni dan Kreativitas.......................      12
C.     Pengertian Bahan...............................................................................      15
D.    Pengertian Beyond Centre and Cicrle Times (BCCT).......................      16
E.     Pengertian Bahan Reused..................................................................      18
F.      Pengertian Taman Kanak-Kanak.......................................................      19
G.    Pengertian Taman Kanak-Kanak Kelopok B.....................................      20
H.    Penelitian Yang Relevan ...................................................................      21
BAB III METODOLOGI PENELITIAN..........................................................      23
A.    Jenis Penelitian...................................................................................      23
B.     Data Penelitan....................................................................................      23
C.     Sumber Data Penelitian.....................................................................      24
D.    Teknik Pengumpulan Data.................................................................      24
1.      Observasi.....................................................................................      25
2.      Wawancara..................................................................................      25
3.      Dokumentasi................................................................................      26
E.     Instrumen Penelitian..........................................................................      26
1.      Pedoman Observasi.....................................................................      26
2.      Pedoman Wawancara..................................................................      26
3.      Pedoman Dokumentasi................................................................      27
F.      Analisis Data......................................................................................      27
1.      Reduksi Data...............................................................................      27
2.      Kategorisasaian Data...................................................................      27
3.      Penyajian Data.............................................................................      28
4.      Pengambilan Kesimpulan dan Verifikasi.....................................      28
G.    Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data................................................      28
BAB IV PEMBAHASAN..................................................................................      29
A.    Profil..................................................................................................      29
1.      Sejarah Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini.........................      29
2.      Letak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini...........................      30
3.      Pelaksanaan Penelitian.................................................................      31
4.      Visi dan Misi Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini...............      32
5.      Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini dengan
Beyond Centre and Cicrle Times (BCCT)...................................      32
6.      Sarana dan Prasarana di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini    37
7.      Tenaga Pengajar, Karyawan, dan Siswa......................................      37
B.     Hasil Pembelajaran Aspek Seni dan Kreativitas Dengan Bahan
Reused................................................................................................      38
C.     Pembahasan.......................................................................................      44
1.      Persiapan Pembelajaran................................................................      44
2.      Apersepsi.....................................................................................      52
3.      Motivasi.......................................................................................      54
4.      Ceramah dan Tanya Jawab..........................................................      55
5.      Demonstrasi.................................................................................      57
6.      Praktik..........................................................................................      59
BAB V  PENUTUP............................................................................................      71
A.    Kesimpulan........................................................................................      71
B.     Saran..................................................................................................      72
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................      73
LAMPIRAN........................................................................................................      76



















DAFTAR TABEL

Tabel 1 : Satuan Kegiatan Harian (SKH)............................................................      14
Tabel 2 : Teknik Pengumpulan Data....................................................................      24
Tabel 3 : Waktu  Pelaksanaan  Pembelajaran  Seni  dan  Kreativitas  di  Taman
Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini Serangan Yogyakarta.......................      34
Tabel 4 : Contoh Satuan Kegiatan Harian (SKH)...............................................      36
Tabel 5 : Hasil Penelitian.....................................................................................      38

:

DAFTAR GAMBAR

Gambar I           : Sekema pembelajaran..............................................................      12
Gambar II          : Sekema pembelajaran dengan model Beyond Centre and
                             Cicrle Times (BCCT) sistem pijakan......................................      17
Gambar III        : Sekema model pembelajaran Beyond Centre and Cicrle
                            Times (BCCT)mencakup 6 aspek ...........................................      33
Gambar IV        : Guru menyiapkan bahan pembelajaran ...................................      44
Gambar V          : Pola rumah dari karton............................................................      45
Gambar V II      : Pengenalan kosa kata..............................................................      45
Gambar VIII      : Persiapan praktik membuat miniatur rumah...........................      46
Gambar IX         : Bahan dari pohon pisang kering.............................................      48
Gambar X          : Bahan dari bunga suket...........................................................      49
Gambar XI         : Bahan dari lidi........................................................................      49
Gambar XII       : Bahan dari mendong...............................................................      50
Gambar XIII      : Bahan bekas bungkus apel......................................................      50
Gambar XIV      : Bahan dari kulit padi (sekam).................................................      51
Gambar XV       : Bahan dari kulit salak..............................................................      51
Gambar XVI      : Guru memberi apersepsi..........................................................      53
Gambar XVII     : Guru sedang demonstrasi ......................................................      58
Gambar XVIII    : Anak mewarnai miniatur rumah Papua..................................      60
Gambar XIX       :Anak menempel mendong......................................................      61
Gambar XX       : Rumah Papua..........................................................................      61
Gambar XXI      : Anak sedang praktik...............................................................      62
Gambar XXII     : Anak sedang membuat miniatur pohon.................................      63
Gambar XXIII   : Anak sedang mewarnai pola...................................................      63
Gambar XXIV   : Rumah hasil karya anak..........................................................      64
Gambar XXV    : Suasana praktik.......................................................................      65
Gambar XXVI   : Anak sedang menempel karton..............................................      65
Gambar XXVII  : Anak sedang merakit miniatur sapu.......................................      66
Gambar XXVIII : Hasil karya anak....................................................................      66
Gambar XXIX   : Pola domba.............................................................................      67
Gambar XXX     : Anak sedang mewarnai gambar domba.................................      68
Gambar XXXI    : Anak sedang menggunting pola domba................................      68
Gambar XXXII  : Anak menempel bulu domba dari tisu...................................      69
Gambar XXXIII : Hasil karya anak....................................................................      69





























PEMBELAJARAN ASPEK SENI DAN KREATIVITAS DENGAN BAHAN REUSED DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH NUR’AINI KELOMPOK B SERANGAN, YOGYAKARTA

Oleh Aris Sudiyanto
NIM 06206244018

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Seni dan Kreativitas dengan bahan Reused di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nuraini.
Subjek penelitian ini adalah karya anak  Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini dengan pembelajaran Aspek Seni dan Kreativitas dengan bahan Reused dengan informan Kepala Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini dan guru pembelajaran aspek Seni dan kreativitas di Taman Kanak-Kanak  Aisyiyah Nur’aini Serangan, Yogyakarta.  Data yang diperoleh dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi dengan memilah dan memilih dan mengecek kembali hasil wawancara dengan hasil dokumen yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah guru Pembelajaran aspek Seni dan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini pertama menyiapkan bahan pembelajaran, motivasi, ceramah, demontrasi, dan praktik, dan kegiatan anak menggunting, menyusun, meronce, dan mewarnai. (2) macam-macam bahan Reused berupa kertas karton bekas, lidi (tusuk bambu), kain perca, kertas warna bekas (3) cara pengenalan bahan Reused oleh guru kepada anak bahwa benda yang tidak dipakai bisa digunakan untuk berkarya, (4) pemilihan dan pengunaan bahan Reused harus aman di gunakan berkarya oleh anak, (5) dilihat dari hasil karya anak ternyata dengan bahan Reused tidak mengalami kendala pada pembelajaran aspek Seni dan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini.









file:///E:/SEKRIPSI%20ARIS%20JADI/pdf/HALAMAN%20PERNYATAAN,%20abstrak,%20pengantar,%20rekomendasi%20PA.pdf

Rabu, 04 Mei 2011


Surrealisme
http://www.surrealisme.org/surrealisme.jpgLukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya.
2. Kubisme
http://sarahyuzeebroek.web-log.nl/sarahyuzeebroek/images/kubisme.jpgAdalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso .

3. Romantisme
http://humour.cote.azur.fr/image/romantisme283.jpgMerupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan. Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh
4. Ekspresionisme
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWaa8r8gTL3_26mUUjMd8mH_wErQo0NTcsQK9_gy2Zi-vgL6ZXyf9NpO5qTOMFMRleXwe-ut8zXHD56GdDJyHaOxjDACcssojm1zrzrJTQmhvV_OpILOTM7afaNqtW1YUIfYSA9x9onQA/s320/Adoration2.jpgEkspressionisme adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional . Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan , sastra , film , arsitetur , dan musik . Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia.
Pelukis Matthias Grünewald dan El Greco bisa disebut ekspresionis.
5. Impresionisme
Impresionisme adalah suatu gerakan seni dari abad 19 yang dimulai dari Paris pada tahun 1860an . Nama ini awalnya dikutip dari lukisan Claude Monet , " Impression, Sunrise " ("Impression, soleil levant") . Kritikus Louis Leroy menggunakan kata ini sebagai sindiran dalam artikelnya di Le Charivari .
Karakteristik utama lukisan impresionisme adalah kuatnya goresan kuas, warna-warna cerah (bahkan banyak sekali pelukis impresionis yang mengharamkan warna <!--[if !vml]--><!--[endif]-->hitam karena dianggap bukan bagian dari cahaya), komposisi terbuka, penekanan pada kualitas pencahayaan, subjek-subjek lukisan yang tidak terlalu menonjol, dan sudut pandang yang tidak biasa. Impresionisme menjadi pelopor berkembangnya aliran-aliran seni modern lain seperti Post-Impresionisme , Fauvisme , and Kubisme . Ia memiliki ciri khas:
• Goresan kuas pendek dan tebal dengan gaya mirip sketsa, untuk memberikan kemudahan pelukis menangkap esensi subjek daripada detailnya.
• Warna didapat dengan sesedikit mungkin pencampuran pigmen cat yang digunakan. Diharapkan warna tercampur secara optis oleh retina .
• Bayangan dibuat dengan mencampurkan warna komplementer (Hitam tidak digunakan sebagai bayangan).
• Cat tidak ditunggu kering untuk ditimpa dengan warna berikutnya.
• Pengolahan sifat transparansi cat dihindari.
• Meneliti sedetail mungkin sifat pantulan cahaya dari suatu objek untuk kemudian diterapkan di dalam lukisan.
• Dikerjakan di luar ruangan ( en plein air )
6. Post-Impresionisme
Post-Impresionisme adalah suatu masa yang masih dipengaruhi sisa-sisa impresionisme. Pada awal 1880 pelukis mulai mengeksplorasi sisi lain dari penggunaan warna, pola, bentuk, dan garis yang sedikit berlawanan dari pencapaian impresionisme. Pelukis pada era ini contohnya adalah Vincent Van Gogh , Paul Gauguin , Georges Seurat dan Henri de Toulouse-Lautrec . Camille Pissarro , yang sebelumnya adalah seniman impresionis kemudian mengembangkan gaya pointilisme . Monet meninggalkan kewajiban melukis di luar ruangan. Paul Cézanne , meskipun telah tiga kali terlibat dalam pameran impresionis, kemudian mengembangkan gayanya tersendiri. Karya seluruh seniman ini meskipun tidak lagi menganut aliran impresionisme namun masih mengandung unsur-unsur dasarnya.
7. Fauvisme
<!--[if !vml]--><!--[endif]-->http://www.clevelandhighschoolart.com/fauvism/images/fauismopen.jpgFauvisme adalah suatu aliran dalam seni lukis yang berumur cukup pendek menjelang dimulainya era seni rupa modern. Nama fauvisme berasal dari kata sindiran "fauve" (binatang liar) oleh Louis Vauxcelles saat mengomentari pameran Salon d'Automne dalam artikelnya untuk suplemen Gil Blas edisi 17 Oktober 1905, halaman 2. Kepopuleran aliran ini dimulai dari Le Havre , Paris , hingga Bordeaux . Kematangan konsepnya dicapai pada tahun 1906.
Fauvisme adalah aliran yang menghargai ekspresi dalam menangkap suasana yang hendak dilukis. Tidak seperti karya impresionisme , pelukis fauvis berpendapat bahwa harmoni warna yang tidak terpaut dengan kenyataan di alam justru akan lebih memperlihatkan hubungan pribadi seniman dengan alam tersebut. Konsep dasar fauvisme bisa terlacak pertama kali pada 1888 dari komentar Paul Gauguin kepada Paul Sérusier :
"Bagaimana kau menginterpretasikan pepohonan itu? Kuning, karena itu tambahkan kuning . Lalu bayangannya terlihat agak biru, karena itu tambahkan ultramarine . Daun yang kemerahan? Tambahkan saja vermillion ."
Segala hal yang berhubungan dengan pengamatan secara objektif dan realistis, seperti yang terjadi dalam lukisan naturalis , digantikan oleh pemahaman secara emosional dan imajinatif. Sebagai hasilnya warna dan konsep ruang akan terasa bernuansa puitis. Warna-warna yang dipakai jelas tidak lagi disesuaikan dengan warna di lapangan, tetapi mengikuti keinginan pribadi pelukis.
Penggunaan garis dalam fauvisme disederhanakan sehingga pemirsa lukisan bisa mendeteksi keberadaan garis yang jelas dan kuat. Akibatnya bentuk benda mudah dikenali tanpa harus mempertimbangkan banyak detail .
8. Realisme (seni rupa)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2jYDTAkF3dxYxMp25mpZog6sRbl6qxXSVFzEOXcnRkYt-o1p-fsVGIF1BDD5zketSsjEInoL8gM91x85pPQRunyvdKe0rRjWDFZ-krXVJABNfgFq1VlVxqBk_Iw9rk3Iv9eFHPpwh5Go/s320/basukiabdullah.gifRealisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.
Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahan abad 19 . Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal , yang sekarang lebih dikenal dengan nama India .
Dalam pengertian lebih luas, usaha realisme akan selalu terjadi setiap kali perupa berusaha mengamati dan meniru bentuk-bentuk di alam secara akurat. Sebagai contoh, pelukis foto di zaman renaisans , Giotto bisa dikategorikan sebagai perupa dengan karya realis, karena karyanya telah dengan lebih baik meniru penampilan fisik dan volume benda lebih baik daripada yang telah diusahakan sejak zaman Gothic .
Kejujuran dalam menampilkan setiap detail objek terlihat pula dari karya-karya Rembrandt yang dikenal sebagai salah satu perupa realis terbaik. Kemudian pada abad 19, sebuah kelompok di Perancis yang dikenal dengan nama Barbizon School memusatkan pengamatan lebih dekat kepada alam, yag kemudian membuka jalan bagi berkembangnya impresionisme . Di Inggris, kelompok Pre-Raphaelite Brotherhood menolak idealisme pengikut Raphael yang kemudian membawa kepada pendekatan yang lebih intens terhadap realisme.
9. Naturalisme (seni rupa)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOvNydeQVpzBuC8nogE4XBe7V50qri-3HmO3CCkHYikFg6xd0rr67PNwbz7uY2ATLilDCsdJHx1QJnEtxWVvHPxGf9eYp-n02VzIRy86PkcfbFKRqRoticXpcYVQuGsPXC5CnOu6xVIncA/s400/n+%282%29.jpgNaturalisme di dalam seni rupa adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. Hal ini merupakan pendalaman labih lanjut dari gerakan realisme pada abad19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme . Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker , yang lukisan pemandangannya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini. Salahs atu bagian penting dari gerakan naturalis adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam.
Diposkan oleh Sirril's Blog di 21:58 http://img2.blogblog.com/img/icon18_edit_allbkg.gif