Selasa, 10 Mei 2011


PEMBELAJARAN ASPEK SENI DAN KREATIVITAS
DENGAN  BAHAN REUSED  DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH NUR’AINI KELOMPOK B
SERANGAN, YOGYAKARTA

SKRIPSI

Diajukan Kepada Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Yogyakarta
Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan






Oleh
ARIS SUDIYANTO
NIM O6206244018

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011

PERSETUJUAN




Skripsi yang berjudul Pembelajaran Aspek Seni dan Kreativitas Dengan Bahan Reused di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Nur’aini Kelompok B Serangan,Yogyakarta ini telah disetujui oleh pembimbing untuk diujikan.
























Yogyakarta, 28 Maret 2011
Dosen Pembimbing I


Prof. Dr. Tri Hartiti. R, M.Pd.
NIP 19530421 197903 2 001
Yogyakarta, 28 Maret 2011
Dosen Pembimbing II


Drs. Suwarna, M.Pd
NIP 19520727 197803 1 003
PENGESAHAN

Skripsi yang berjudul Pembelajaran Aspek Seni dan Kreativitas Dengan Bahan Reused di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Nur’aini Kelompok B Serangan,Yogyakarta ini telah di pertahankan di depan Dewan Penguji pada 15 April 2011 dan dinyatakan Lulus.



DEWAN PENGUJI


Nama
Jabatan
Tandatangan
Tanggal

B Muria Zuhdi, M.Sn
Drs. Suwarna, M.Pd
Hajar Pamadhi, M.A, (hons)
Prof. Dr. Tri Hartiti. R, M.Pd.


Ketua Penguji
Sekretaris Penguji
Penguji I

Penguji II

___________
___________
___________

___________

      April 2011
      April 2011
      April 2011

      April 2011


Yogyakarta,    April  2011
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Negeri Yogyakarta
Dekan




Prof. Dr. Zamzani, M.Pd
NIP 19550505 198011 1  001


PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya
Nama   : Aris Sudiyanto
NIM    : 06206244018
Program Studi : Pendidikan Seni Rupa
Fakultas           : Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta

menyatakan bahwa karya ilmiah ini adalah hasil pekerjaan saya sendiri. Sepanjang pengetahuan saya, karya ilmiah ini tidak berisi materi yang ditulis oleh orang lain, kecuali bagian-bagian tertentu yang saya ambil sebagai acuan dengan mengikuti tata cara dan etika penulisan karya ilmiah yang lazim.
Apabila ternyata bahwa pernyataan ini tidak benar, sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya.

Yogyakarta, 21 Maret 2011
  Penulis,


         Aris Sudiyanto











MOTTO

Hiduplah untuk memberi
Amalkan ilmumu walaupun cuma satu kata
Hargailah hal-hal yang kecil
Kalau kita berusaha, didepan ada jalan keluar
-Aris Sudiyanto-

PERSEMBAHAN

v  Skripsi ini saya persembahkan buat Bapak, Ibu, Kakek, dan keluarga besar pak Nur Ismail di Sleman  yang selalu memberikan dorongan untuk segera menyelesaikan studi dan membantu baik moril dan materiil.

v  Buat keluarga besar Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini Serangan, Yogyakarta.




















KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya sampaikan ke hadirat Allah Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Berkat rahmat, hidayah, dan inayah-Nya saya dapat menyelesaikan skripsi untuk memenuh sebagian persyaratan guna memperoleh gelar sarjana pendidikan.
Penulis skripsi ini dapat terselesaikan karena bantuan dari berbagai pihak.  Untuk itu saya ucapkan rasa hormat, terima kasih, dan penghargaan yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada kedua pembimbing, yaitu Prof. Dr. Tri Hartiti Retnowati, M.Pd dan Drs. Suwarna, M.Pd. yang penuh kesabaran, kearifan, dan bijaksana telah memberikan bimbingan, arahan, dan dorongan yang tidak henti-hentinya di sela-sela kesibukannya dan TIM Penguji Skripsi.
Rasa hormat dan terima kasih secara tulus kepada Rektor UNY Prof. Dr. Rohmat Wahab, M.Pd, M.A. Dekan FBS UNY Prof. Dr. Zamzani,M.Pd. dan ketua jurusan Pendidikan Seni Rupa B. Muria Zuhdi, M.Sn. yang telah memberikan kesempatan dan berbagai kemudahan kepada saya.
Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada teman sejawat dan handai tolan yang tidak dapat saya disebutkan satu demi satu yang telah memberikan dukungan moral, bantuan, dan dorongan kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan studi dengan baik.
Akhirnya ucapan terima kasih yang sangat pribadi saya sampaikan kepada orang tua saya atas pengertian yang mendalam, pengorbanan, dorongan, dan curahan kasih sayang sehingga saya tidak pernah putus asa untuk menyelesaikan skripsi.

Yogyakarta, 21 Maret 2011
                                                                                                       Penulis,



                                                              Aris Sudiyanto


DAFTAR ISI

HALAM JUDUL................................................................................................         i
HALAMAN PERSETUJUAN...........................................................................        ii
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................       iii
HALAMAN PERNYATAAN...........................................................................       iv
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN................................................        v
KATA PENGANTAR........................................................................................       vi
DAFTAR ISI.......................................................................................................      vii
DAFTAR TABEL...............................................................................................        x
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................       xi
ABSTRAK..........................................................................................................     xiii
BAB I   PENDAHULUAN................................................................................        1
A.    Latar Belakang Masalah....................................................................        1
B.     Fokus Masalah...................................................................................        3
C.     Tujuan Penelitian...............................................................................        4
D.    Manfaat Penelitian.............................................................................        4
BAB II  KAJIAN TEORI...................................................................................        6
A.    Pengertian Pembelajaran....................................................................        6
B.     Pengertian Pembelajaran Aspek Seni dan Kreativitas.......................      12
C.     Pengertian Bahan...............................................................................      15
D.    Pengertian Beyond Centre and Cicrle Times (BCCT).......................      16
E.     Pengertian Bahan Reused..................................................................      18
F.      Pengertian Taman Kanak-Kanak.......................................................      19
G.    Pengertian Taman Kanak-Kanak Kelopok B.....................................      20
H.    Penelitian Yang Relevan ...................................................................      21
BAB III METODOLOGI PENELITIAN..........................................................      23
A.    Jenis Penelitian...................................................................................      23
B.     Data Penelitan....................................................................................      23
C.     Sumber Data Penelitian.....................................................................      24
D.    Teknik Pengumpulan Data.................................................................      24
1.      Observasi.....................................................................................      25
2.      Wawancara..................................................................................      25
3.      Dokumentasi................................................................................      26
E.     Instrumen Penelitian..........................................................................      26
1.      Pedoman Observasi.....................................................................      26
2.      Pedoman Wawancara..................................................................      26
3.      Pedoman Dokumentasi................................................................      27
F.      Analisis Data......................................................................................      27
1.      Reduksi Data...............................................................................      27
2.      Kategorisasaian Data...................................................................      27
3.      Penyajian Data.............................................................................      28
4.      Pengambilan Kesimpulan dan Verifikasi.....................................      28
G.    Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data................................................      28
BAB IV PEMBAHASAN..................................................................................      29
A.    Profil..................................................................................................      29
1.      Sejarah Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini.........................      29
2.      Letak Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini...........................      30
3.      Pelaksanaan Penelitian.................................................................      31
4.      Visi dan Misi Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini...............      32
5.      Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini dengan
Beyond Centre and Cicrle Times (BCCT)...................................      32
6.      Sarana dan Prasarana di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini    37
7.      Tenaga Pengajar, Karyawan, dan Siswa......................................      37
B.     Hasil Pembelajaran Aspek Seni dan Kreativitas Dengan Bahan
Reused................................................................................................      38
C.     Pembahasan.......................................................................................      44
1.      Persiapan Pembelajaran................................................................      44
2.      Apersepsi.....................................................................................      52
3.      Motivasi.......................................................................................      54
4.      Ceramah dan Tanya Jawab..........................................................      55
5.      Demonstrasi.................................................................................      57
6.      Praktik..........................................................................................      59
BAB V  PENUTUP............................................................................................      71
A.    Kesimpulan........................................................................................      71
B.     Saran..................................................................................................      72
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................      73
LAMPIRAN........................................................................................................      76



















DAFTAR TABEL

Tabel 1 : Satuan Kegiatan Harian (SKH)............................................................      14
Tabel 2 : Teknik Pengumpulan Data....................................................................      24
Tabel 3 : Waktu  Pelaksanaan  Pembelajaran  Seni  dan  Kreativitas  di  Taman
Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini Serangan Yogyakarta.......................      34
Tabel 4 : Contoh Satuan Kegiatan Harian (SKH)...............................................      36
Tabel 5 : Hasil Penelitian.....................................................................................      38

:

DAFTAR GAMBAR

Gambar I           : Sekema pembelajaran..............................................................      12
Gambar II          : Sekema pembelajaran dengan model Beyond Centre and
                             Cicrle Times (BCCT) sistem pijakan......................................      17
Gambar III        : Sekema model pembelajaran Beyond Centre and Cicrle
                            Times (BCCT)mencakup 6 aspek ...........................................      33
Gambar IV        : Guru menyiapkan bahan pembelajaran ...................................      44
Gambar V          : Pola rumah dari karton............................................................      45
Gambar V II      : Pengenalan kosa kata..............................................................      45
Gambar VIII      : Persiapan praktik membuat miniatur rumah...........................      46
Gambar IX         : Bahan dari pohon pisang kering.............................................      48
Gambar X          : Bahan dari bunga suket...........................................................      49
Gambar XI         : Bahan dari lidi........................................................................      49
Gambar XII       : Bahan dari mendong...............................................................      50
Gambar XIII      : Bahan bekas bungkus apel......................................................      50
Gambar XIV      : Bahan dari kulit padi (sekam).................................................      51
Gambar XV       : Bahan dari kulit salak..............................................................      51
Gambar XVI      : Guru memberi apersepsi..........................................................      53
Gambar XVII     : Guru sedang demonstrasi ......................................................      58
Gambar XVIII    : Anak mewarnai miniatur rumah Papua..................................      60
Gambar XIX       :Anak menempel mendong......................................................      61
Gambar XX       : Rumah Papua..........................................................................      61
Gambar XXI      : Anak sedang praktik...............................................................      62
Gambar XXII     : Anak sedang membuat miniatur pohon.................................      63
Gambar XXIII   : Anak sedang mewarnai pola...................................................      63
Gambar XXIV   : Rumah hasil karya anak..........................................................      64
Gambar XXV    : Suasana praktik.......................................................................      65
Gambar XXVI   : Anak sedang menempel karton..............................................      65
Gambar XXVII  : Anak sedang merakit miniatur sapu.......................................      66
Gambar XXVIII : Hasil karya anak....................................................................      66
Gambar XXIX   : Pola domba.............................................................................      67
Gambar XXX     : Anak sedang mewarnai gambar domba.................................      68
Gambar XXXI    : Anak sedang menggunting pola domba................................      68
Gambar XXXII  : Anak menempel bulu domba dari tisu...................................      69
Gambar XXXIII : Hasil karya anak....................................................................      69





























PEMBELAJARAN ASPEK SENI DAN KREATIVITAS DENGAN BAHAN REUSED DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH NUR’AINI KELOMPOK B SERANGAN, YOGYAKARTA

Oleh Aris Sudiyanto
NIM 06206244018

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Seni dan Kreativitas dengan bahan Reused di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nuraini.
Subjek penelitian ini adalah karya anak  Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini dengan pembelajaran Aspek Seni dan Kreativitas dengan bahan Reused dengan informan Kepala Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini dan guru pembelajaran aspek Seni dan kreativitas di Taman Kanak-Kanak  Aisyiyah Nur’aini Serangan, Yogyakarta.  Data yang diperoleh dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi dengan memilah dan memilih dan mengecek kembali hasil wawancara dengan hasil dokumen yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah guru Pembelajaran aspek Seni dan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini pertama menyiapkan bahan pembelajaran, motivasi, ceramah, demontrasi, dan praktik, dan kegiatan anak menggunting, menyusun, meronce, dan mewarnai. (2) macam-macam bahan Reused berupa kertas karton bekas, lidi (tusuk bambu), kain perca, kertas warna bekas (3) cara pengenalan bahan Reused oleh guru kepada anak bahwa benda yang tidak dipakai bisa digunakan untuk berkarya, (4) pemilihan dan pengunaan bahan Reused harus aman di gunakan berkarya oleh anak, (5) dilihat dari hasil karya anak ternyata dengan bahan Reused tidak mengalami kendala pada pembelajaran aspek Seni dan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Nur’aini.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar