Rabu, 13 Oktober 2010

evaluasi pembelajaran

MID SEMESTER
MATA PELAJARAN EVALUASI PENDIDIKAN












NAMA : ARIS SUDIYANTO
NIM/ KELAS : 062 062 44 018 / G




PENDIDIKAN SENI RUPA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2009
1. Diskripsi tentang bentuk tes pilihan ganda, tes benar salah, tes isian singkat, dan tes menjodohkan

a. Pilihan ganda
Soal pilihan ganda merupakan bentuk soal yang seringkali digunakan guru. Bahkan Ujian Nasional pun menggunakan bentuk soal ini, dikarenakan banyak kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan tersebut di antaranya, kemudahan dalam koreksi, menghemat waktu untuk koreksi, mudah dianalisis daya pembeda butir soal maupun tingkat kesukaran soal dengan menggunakan software yang ada (misalnya menggunakan anatest). Dapat mencakup banyak kompetensi yang akan diukur. Pekerjaan siswa sederhana karena hanya ada satu pilihan jawaban yang benar, variasi soal lebih banyak meskipun memiliki indikator yang sama, waktu yang digunakan untuk tes juga lebih singkat. Disamping itu, tes bentuk pilihan ganda dapat diujikan menggunakan program komputer semisal TAC atau quismaker, yang begitu selesai ulangan, siswa segera dapat melihat hasilnya. Di samping banyak kelebihannya, soal pilihan ganda juga banyak memiliki kelemahan. Yang utama adalah siswa dapat mengerjakan berdasarkan gambling belaka. Hasil yang baik belum menjamin kemampuan siswa yang sesungguhnya, karena guru tidak mengetahui proses berpikir siswa.

b. Benar salah

Dalam sebuah tes benar salah sangat baik untuk anak yang kurang dalam sehari harinya membaca buku karena bentuk tes ini seperti recall / mengingat pelajaran yang disampaikan oleh pendidik, memiliki pengertian yang luas walaupun dengan waktu yang sangat singka. Penilaian sepeti ini sangat mendukung dan efisien karena mudah dan cepat mengerti tentang nilai




c. Tes isian singkat

Tes esai adala sebuah tes yang jawabanya berupa uraian kalimat yang relatif panjangan atau berupa karangan. Adapun tes isian ada yang jawaban singkat yang di sebut restricted response yaitu jawaban yang singkat atau terbatas kelebihan dari tes ini untuk memancing siswa dalam belajar dengan giat dan rajin, siswa dapat menuangkan sebuah pendapat.

d. Tes menjodohkan (maching aitems)
Terdiri dari sebuah petanyaan (premiss) dan terdiri dari jawaban yang dijodohkan sesuai dengan kalimat pertanyaan (responses). Tes ini sangat cocok dalam tes dalam waktu relative singkat sifat tesini mendekati sifat recall

2. Langkah – langkah dalam menbuat tes diatas

a. Teknik membuat soal pilihan ganda (obyektif)

 Dalam penempata jawaban harus diacak tidak urut (zig-zag) contoh: jawaban nomor 1 A jangan Jawaban nomor 2 A lagi kecuali mempermudah siswa dalam berfikir tapi membingungkan siswa kenapa jawabannya A semua.
 Butir tes disesuakian dengan tingkat pengetahuan siswa dan tingkat umursiswa
 Tulisan aitem sejelas mungkin
 Hanya satu jawaban yang baik atau yang betul
 Hindari jawaban yang negative atau double negative
 Hindari butiran tes yang terdapat pada tes sebelumnya.

b. Teknik pembuatan tes benar salah

 Dalam pembuatan tesbenar salah seharusnya soal tidak benar – benar kelihatan benar atau kelihatan salah secara jelas tetapi ada sebuah variasi dalam menulis soal atau soal bisa mengecoh siswa untuk membuat siawa dapat berfikir.
 Dalam membuat jawaban dengan berbagai cara contoh: (Y-N : yes - no) = ya dan tidak dan (R-W : right – wrong) = benar salah.

c. Tekni pembuatan tes tes isian

 Batasi dalam mebuat soal yang jawabannya panjang yang sulit dimengerti siswa
 Buatlah soal yang mudah dipahami siswa / jelas padat.
 Pengunaan istilah – istilah yang dimengerti oleh siswa.
 Buatlah pertannyaan yang cukup melingkupi sampel yang akan di ukur

d. Teknik pembuatan tes menjodohkan (maching aitems)

 Sebaiknya response terdiri dari short pharases, single words, atau angka. Meletakkan questions di sebelah kiri
 Setiap matching exercise hendaknya terdiri atas item yang homogen
 Hindari jumlah yang sama antara premises dan responses
 Hendaknya disusun secara sistematis tetapi jangan urut dengan pertanyaan dan jawaban dan usahakan jumlah jawaban lebih banyak dari pada soal.

SOAL
SOAL PILIHAN GANDA
1. Seni lukis, seni dekorasi, seni ilustrasi, seni grafis , seni patung, merupakan kerya seni….
a. Pakai
b. Klasik
c. Murni
d. Rupa Jawaban adalah : D. seni rupa

2. Seni patung termasuk seni rupa…
a. Murni
b. Klasik
c. Terapan
d. Dekorasi Jawaban adalah : A. murni

3. Dibawah ini termasuk pelukis aliran realisme di Indonesia, kecuali…
a. Basuku Abdullah
b. Dullah
c. Affandi
d. Raden Saleh Jawaban adalah : C. affandi

4. Tokoh pelukis Post-impresionisme luar negeri adalah…
a. Fajar Sidik
b. Vincen Van Gogh
c. Honore Daumer
d. Manet Jawaban adalah : B. Vicen Van Gogh

5. Dibawah ini adalah macam – macam seni rupa, yang masuk dalam seni rupa dua dimensi adalah…
a. Patung, Fotografi, Ilustrasi
b. Stiker, Baliho,Keramik
c. Interior Rumah, Pamflet, Patung
d. Fotografi, Ilustrasi, dan Seni lukis Jawaban adalah :D. Fotografi,
Ilustrasi, dan senilukis.


SOAL BENAR SALAH
1. Lukisan Van Gogh termasuk lukisan Impresionisme
Jawaban: Salah

2. Ekspresionisme merupakan sebuah lukisan curahan hati (sebuah perasaan)
Jawaban : Benar


3. Gambar yang menjelaskan keadaan adalah ilustarsi
Jawaban : Benar

4. Absiran titik disebuat teknik blok
Jawaban : Salah

5. Lukisan termasuk seni rupa terapan
Jawaban : Salah

ISIAN SINGKAT

1. Sebutka tokoh seni rupa modern di Indonesia…
Jawaban : Raden Saleh

2. Yang pentin dipikirkan dalam menggambar bentuk…
Jawaban : Unaety, balance, ritme, gelap terang, bayangan.

3. Jelaskan fungsi dan tujuan pagelaran atau pameran…
Jawaban : sarana apresiasi , sarana prestasi, sarana rekreasai, sarana edukatif

4. Apa yang dimaksud dengan karikatur…
Jawaban : Gambar yang berupa kritikan atau sindiran

5. Sebutkan warna primer…
Jawaban: Merah, Kuning, Biru








SOAL MENJODOHKAN
NO SOAL JAWABAN
1 Gambar yang menjelaskan sebuah keadaan a. Aquarel
2 Gambar bentuk dengan warna penuh b. Ilustrasi
3 Teknik melukis dengan cat air c. Tenik blok
4 Melukis dengan penuh bidang gambar d. Sekunder
5 Oranya termasuk dalam warna e. Horror paqui
f. Tersier
g. Absir duser
JAWABAN :
1. Ilustrasi 2. Teknik blok 3. Aquarel 4. Horror paqui 5. Sekunder


DAFTAR PUSTAKA
Astuti, Anitaru. 2009. System Penilaian Dengan Teknik Obyektif. Di akses dari
http:// ani Taru_astuti@yahoo.co.id. Pada 18 April 2009.
Yusuf Tayibnapis, Farida. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi.
Halaman 207-218. Jakarta: Rineka Cipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar